Berita dan Tips Terbaru

Waspadai 3 Tanda Pria Alami Depresi

0

Liputan6.com, Jakarta Depresi bisa menyerang siapa saja, tak peduli jenis kelamin, besar penghasilan, maupun usia. Walau wanita lebih rentan gangguan mental ini, bukan berarti pria tidak bisa mengalaminya.

Pada pria, depresi bisa lebih sulit untuk terdeteksi ketimbang pada wanita. Ini karena kebanyakan pria tidak dapat mengekspresikan emosinya secara terbuka. Jika sedang marah atau kecewa, pria cenderung mengalihkan emosinya pada hal-hal lain seperti bekerja, berolahraga ekstrem atau bahkan penyalahgunaan obat dan alkohol.

Padahal jika dibiarkan, depresi dapat berujung pada hal yang lebih fatal, seperti bunuh diri. Menurut studi yang dilakukan oleh American Foundation for Suicide Prevention, pria yang meninggal karena bunuh diri 3,5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan wanita. Untuk itu, ketahuilah tanda-tanda pria mengalami depresi sebagai berikut:

1. Malas berkumpul dengan teman-teman

Belakangan ini, apakah Anda menjadi malas berkumpul dengan teman-teman? Padahal biasanya Anda tidak pernah menolak ajakan menonton bola atau nongkrong dengan sahabat akrab? Jika Anda mulai menarik diri dari pergaulan, bisa jadi Anda sedang mengalami depresi.

Menarik diri dari lingkungan sosial merupakan salah satu tanda klasik depresi, baik pada pria maupun wanita. Namun pada pria tanda ini biasanya lebih sering terlihat, karena pria rata-rata memiliki tingkat keakraban antar teman yang lebih tinggi dibandingkan wanita.

Sayangnya, para pria tidak banyak berbagi soal masalahnya dengan teman seperti halnya wanita. Hal itulah yang membuat pria menjadi rentan depresi

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

Berita Selengkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.