Berita dan Tips Terbaru

Waspada, 5 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Puasa

0

Liputan6.com, Jakarta Beberapa penelitian memang membuktikan, puasa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, dan juga mengurangi resiko penuaan dan penyakit berbahaya.

Tapi faktanya tidak jarang pula beberapa orang yang mengalami gangguan kesehatan saat berpuasa. Mungkin hal ini dikarenakan tubuh kita merasa “kaget” akibat perubahan pola makan yang tiba-tiba. Yang biasanya makan tiga kali sehari di waktu pagi, siang, dan malam.

Saat bulan puasa menjadi makan setidaknya dua kali sehari yakni saat maghrib dan sahur. Untuk menyiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, agaknya perlu kamu mengetahui beberapa gangguan kesehatan yang biasa ditemui saat bulan puasa.

Asam lambung

Salah satu penyakit yang umum terjadi saat berpuasa adalah naiknya asam lambung akibat perut yang kosong seharian. Gangguan ini akan hilang dengan sendirinya seiring dengan waktu tubuh akan menyesuaikan diri.

Salah satu pemicu naiknya asam lambung adalah ketika kamu langsung tidur 30 menit setelah makan sahur. Jika memang ingin tidur setelah sahur, tunggulah setidaknya 1 jam setelah sahur agar asam lambung tidak naik.

Sakit kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah tekanan darah yang rendah dan juga kurangnya pasokan gula dari makanan. Sakit kepala juga bisa disebabkan karena rasa kantuk karena pola tidur yang agak berubah dan rutinitas pekerjaan yang menuntut banyak tenaga dan pikiran.

Untuk mengurangi sakit kepala saat puasa, biasakan untuk tidur minimal 7 jam, hindari minum kopi, dan perbanyak makan makanan yang kaya gizi.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

 

Penderita maag yang ingin menjalankan puasa tidak perlu khawatir penyakitnya itu kambuh. Namun, beberapa tindakan dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yang berujung pada maag ketika berpuasa. Jadi, apa saja yang harus dihindari saat sahur dan b…

Berita Selengkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.