Berita dan Tips Terbaru

Ups, USB Souvenir Pertemuan Trump-Kim Berpotensi Sebar Malware

0

Liputan6.com, Jakarta – Pertemuan bilateral antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyita perhatian dunia.

Selain isi perjanjian keduanya yang bikin penasaran, meme pertemuan antara Trump dan Kim juga ramai beredar di dunia maya.

Hal lain yang juga disoroti adalah souvenir yang diberikan penyelenggara acara kepada jurnalis yang meliput pertemuan yang dilangsungkan di Singapura itu.

Pasalnya, para ahli keamanan siber pun terkejut, jurnalis yang meliput KTT Trump-Kim masing-masing diberi kipas angin dengan USB.

Sebagaimana dikutip dari BBC, Kamis (14/6/2018), para ahli keamanan mengingatkan agar jurnalis tidak menghubungkan USB tersebut ke perangkat laptop maupun komputer mereka.

Hal ini lantaran kipas USB itu berpotensi membawa malware berbahaya yang dapat menyerang laptop mereka.

Sebenarnya souvenir KTT Trump-Kim bukan hanya berisi kipas dengan USB melainkan juga botol air dari merek terkenal serta buku petunjuk wisata setempat.

Memang, suhu udara di Singapura saat berlangsungnya pertemuan kedua pemimpin dunia dalam kondisi cukup panas, yakni mencapai 33 derajat.

Sebelumnya, seorang jurnalis Belanda Harald Doornbos mengunggah cuitan yang berisi foto kipas ber-USB tersebut.

Doornbos mencuit, “Handy. Dalam press kit #KimTrumpSummit, ada sebuah mini USB fan yang nyaman digunakan saat menulis. Singapura memang cukup panas, sekitar 33 derajat C. Meskipun begitu Dubai lebih panas.”



Berita Selengkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.