Berita dan Tips Terbaru

Ramadan Tiba, Jangan Lupa Alokasikan Uang untuk Berzakat

0

Liputan6.com, Jakarta – Istilah zakat dikenal dalam Islam. Zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan dan diberikan pada orang lain yang membutuhkan. Baik jumlah harta yang harus dikeluarkan dan siapa saja yang berhak menerima, sudah diatur sedemikian rupa.

Lalu, apa sih sebenarnya manfaat dan kegunaan zakat bagi keuangan atau finansialmu? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Tunaiku:

1. Kamu yang punya penghasilan sendiri wajib membayar zakat fitrah

Zakat terdiri dari dua jenis, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah wajib dikeluarkan pada bulan Ramadan tepatnya menjelang hari raya.

Jumlah harta yang harus dikeluarkan adalah 3,5 liter atau setara 2,5 kilogram makanan pokok. Zakat yang satu ini wajib dikeluarkan oleh kamu yang sudah punya penghasilan tetap sendiri.

2. Bagi yang sudah mapan, perlu juga membayar zakat mal

Khusus bagi kamu yang sudah mapan secara finansial dan memiliki harta simpanan berlebih, wajib juga membayar zakat mal. Harta berlebih di sini artinya selain kebutuhan sandang, pangan, dan papan yang kamu punya. Perhitungan zakat mal ini berbeda-beda, tergantung harta simpanan apa saja yang kamu miliki.

Berita Selengkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.