Berita dan Tips Terbaru

Penerbitan MTN Lewat Bursa Bisa Tingkatkan Pengawasan

0

Liputan6.com, Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mendukung rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang hendak memperketat skema penerbitan Medium Term Notes (MTN). Perseroan menilai, kebijakan itu mempermudah mekanisme pengawasan oleh BEI dan OJK.

“Prinsip ya satu. Jika penawaran publik, maka itu sebenarnya sangat bagus dilakukan melalui otoritas,” ujar Direktur Utama BEI Tito Sulistio di Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Untuk diketahui, sebelumnya OJK mengusulkan agar penerbitan MTN harus melalui Perdagangan BEI seperti penerbitan surat berharga obligasi. Hal tersebut berkaca dari kasus gagal bayar bunga MTN PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (SNP Finance).

Tito pun memberikan catatan, perlu adanya kajian terlebih dahulu mengenai rencana penerbitan MTN melalui Bursa Efek Indonesia. Jika MTN tersebut hanya dijual kepada beberapa pembeli siaga maka seharusnya tidak perlu melalui BEI. Namun jika MTN tersebut dijual kepada publik maka memang seharusnya melalui BEI.

Secara Prinsip, dengan penjualan MTN melalui bursa ini maka akan ada berlapis pengawasan. Pengawasan pertama tentu saja oleh OJK dan pengawasan kedua oleh BI dan tentu saja, pengawasan lainnya oleh masyarakat. 

Dia kembali menekankan akan mendukung peluncuran MTN lewat bursa ini lantaran dengan adanya kebijakan tersebut OJK dan BEI bisa ikut bantu mengawasi penggunaan dana.

“Tapi prinsipnya, jika itu penawaran publik memang sangat bagus sekali kalau melalui otoritas (seperti OJK),” ungkapnya.

Selain itu, Tito juga turut berbicara seputar keputusan OJK yang meminta Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BEI ditunda lantaran calon direksi Bursa belum ditentukan. Menurutnya, perseroan akan manut terhadap keputusan OJK.

“Saya prajurit. Kalau dapat perintah tunda ya kita tunda. Itu kan hak dan authority-nya ada di OJK,” sebut dia.

Saat ditanya perkembangan terkini soal pemilihan calon direksi BEI, ia belum bisa menjawab lebih lanjut. “Belum tahu, nanyanya ke Pak OJK (Wimboh Santoso). Itu bukan wewenang saya,” tandasnya.

Berita Selengkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.