Berita dan Tips Terbaru

Mesin SPBU Dipasang Alat Canggih Pemantau BBM Subsidi, Ini Kata Wamen ESDM

0

Penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) akan menggunakan alat khusus sehingga bisa pencatat jumlah BBM bersubsidi yang telah disalurkan. Alat tersebut akan dipasang di kran penyaluran BBM (nozzle).

Kepala Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Fanshurullah Asa mengatakan, pencatatan penyaluran BBM bersubsidi akan dibuat detail. Caranya dengan memanfaatkan teknologi informasi yang terhubung dengan BPH Migas dan Kementerian Keuangan.

Alat tersebut akan dipasang setiap nozzle penyalur BBM bersubsidi. Hal ini sesuai dengan kesepakatan antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

“Di setiap nozzle Pertamina ada pemasangan alat IT sehingga bisa terkonek ke BPH Migas, ke Kementerian Keuangan,” kata Fanshurullah, di Kantor BPH Migas, Jakarta, pada 16 Mei 2018. 

Pemasangan alat pencatat penyaluran BBM tersebut bertujuan untuk menghitung detail subsidi BBM yang dikeluarkan. Penggunaan teknologi informasi sempat dilakukan pada penyaluran BBM ke kendaraan, dengan memasangkan sistem Radio Frequency Identification (RFID).

Untuk diketahui, saat itu RFID membatasi konsumsi BBM bersubsidi, namun penerapannya gagal karena pemerintah telah mencabut subsidi BBM jenis Premium dan subsidi Solar tetap. “Kita ingin ini mengulang kembali RFID, yang batal,” tuturnya.

Pela‎ksana tugas Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menambahakan, untuk menerapkan sistem pencatatan penyaluran BBM subsidi tersebut, Pertamina akan membangun sistem terlebih dahulu. Namun sebelum diterapkan akan dimatangkan bersama Kementerian ESDM, BPH Migas dan BUMN lain yang sudah berpengalaman menggunakan sistem tersebut.

“Ini sangat diperlukan mengingat tugas pemerintah dan Pertamina operator itu menyalurkan. Lalu untuk verifikasi data untuk subsidi. Dengan kebutuhan ini kami sepakat Pertamina bangun sistem ini,” tandasnya.

Berita Selengkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.