Berita dan Tips Terbaru

Menko Darmin: Impor Beras Tambahan Mulai Masuk ke Indonesia

0

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, impor beras tahap kedua sebesar 500.000 ton mulai masuk ke Indonesia. Namun demikian, dia belum dapat menjelaskan berapa jumlah pasti yang telah didatangkan ke dalam negeri. 

“Kalau jalan (beras impor masuk ke dalam negeri) sudah,” ujar Menko Darmin Nasution di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Sementara itu, Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut belum dapat menjelaskan terkait sumber impor beras 500.000 ton yang sebelumnya dikabarkan berasal dari Vietnam dan Thailand. Dia menuturkan, hal tersebut telah ditugaskan kepada Perum Bulog.

“Kalau dari mananya, Bulog yang harus kalian tanya,” kata dia. 

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahja Widayanti mengatakan, tambahan izin impor beras sebanyak 500.000 ton yang didatangkan dari Vietnam dan Thailand untuk meningkatkan stok beras Bulog.

Sebab, sebagai BUMN yang bertugas menjaga ketersediaan pangan, Bulog harus memiliki stok yang cukup dalam mengantisipasi lonjakan harga pangan seperti beras.

“Bulog harus punya cadangan beras yang mencukupi, jadi supaya bisa cukup sebagai buffer stok,” ujar dia di Kawasan Kasablanka, Jakarta, Kamis 17 Mei 2018.

Dia menambahkan, meski saat ini Bulog memiliki stok beras lebih dari 1 juta ton, namun stok yang ada tersebut bisa saja digelontorkan sewaktu-waktu dalam rangka mengendalikan harga. Terlebih saat memasuki Ramadan seperti sekarang. Permintaan pangan cenderung akan meningkat. “Ini untuk menjaga saja supaya kita lebih kuat lagi,” kata dia.

Meski demikian, dia memastikan memasuki Ramadan rata-rata harga beras secara nasional terkendali. Bahkan sebagai besar telah sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Kemendag.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

 

Berita Selengkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.