Berita dan Tips Terbaru

Menilik Kapal Vasa yang Legendaris di Stockholm Swedia

0

Bentuknya yang tidak proporsional ini sebenarnya sudah menjadi perhatian Angkatan Laut Swedia, namun atas perintah raja untuk berlayar, laksamana Muda Klas Fleming akhirnya memerintahkan kapten kapal untuk membawa kapal ini berlayar.

Alhasil baru menempuh jarak 1.300 meter dalam pelayarannya pada 10 Agustus 1628, tiupan angin membuat kapal ini miring ke kiri, dalam hitungan menit karena lubang senjata terbuka, air dapat masuk begitu saja, dan Vasa yang megah itu karam di kedalaman 32 meter di bawah permukaan laut.

Insiden ini tentu membuat malu Henrik, sang perancang sekaligus pembuat perahu. Penyelidikan pun dilakukan, namun di saat yang bersamaan Henrik meninggal dunia, yang kemudian membuat kasus tenggelamnya kapal Vasa ini dihentikan.

Kapal Vasa dibuat dari material pohon Oak, dan pembuatannya memakan waktu hingga 2,5 tahun. Setelah karam pada 1628, kapal perang ini baru diangkat setelah 333 tahun dalam kondisi masih utuh di beberapa bagiannya.

Museum Vasa sendiri dibuka dengan harga tiket masuk 130 Krona atau sekitar Rp200 ribu untuk dewasa dan 110 Krona atau sekitar Rp178 ribu untuk pelajar. Namun pengunjung di rentang usia 0-18 tahun dapat masuk secara gratis. Terdiri dari 7 lantai, museum ini menampilkan semua seluk-beluk kerajaan maritim bangsa Skandinavia masa lampau, lengkap dengan ruang audio-visual dan kafe.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

Berita Selengkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.