Berita dan Tips Terbaru

Kisah di Balik Pengembangan Kecerdasan Buatan di Kamera Honor 10

0

Liputan6.com, London – Honor 10 baru saja diluncurkan di London. Flagship smartphone ini memiliki salah satu keunggulan yaitu kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) pada kamera utama maupun kamera selfie-nya.

Honor tak sembarangan dalam mengembangkan teknologi ini. Presiden Honor George Zhao mengungkap perusahaan telah melakukan pengembangam kecerdasan buatan untuk dibenamkan di produknya selama tiga tahun.

“Honor mulai melakukan pengembangan AI di smartphone sejak tahun 2013. Kami lalu mengaplikasikannya di Honor Magic pada 2016 dan Honor View 10 yang diluncurkan pada 2017,” ujar George kepada Tekno Liputan6.com dalam sebuah wawancara eksklusif di Four Season Hotel, London, Inggris.

Sementara untuk pengembangan Honor 10 sendiri, ia menuturkan telah menyiapkannya sejak setahun lalu. “Untuk Honor 10, kami telah menyiapkan smartphone tersebut sejak setahun lalu,” ucap George.

Mengenai AI, ia mengklaim konsep AI yang diterapkan di Honor berbeda dengan brand lain. Menurutnya, AI yang tertanam di smartphone Honor, termasuk Honor 10 adalah versi AI yang sesungguhnya.

“Setelah kami meluncurkan Honor Magic dan Honor View 10, beberapa brand smartphone mengklaim telah memiliki AI. Kamu dapat melihat perbedaan, di mana mereka tidak memiliki hardware AI yang memadai,” kata George menjelaskan.

Hardware yang dimaksud adalah dukungan Neural Processing Unit (NPU) independen yang memilki kemampuan lebih mumpuni, ketimbang Snapdragon 845 dan Apple A11.

Kemampuan AI di kamera Honor 10 dibuktikan lewat sensor kamera utama ganda yang masing-masing beresolusi 24 MP dan 16 MP di serta kamera selfie 24 MP. Berkat teknologi AI, kamera Honor 10 mampu mendeteksi lebih dari 500 skenario di 22 kategori secara real time saat mengambil foto.

“Untuk Honor 10, kami mempelajari beberapa teknik fotografi berbeda-beda yang dilakukan para fotografer profesional. Kami mencari formula tepat untuk menghasilkan foto memukau. Dengan Honor 10, semua orang bisa memotret layaknya fotografer profesional,” pungkasnya.

 

Berita Selengkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.