Berita dan Tips Terbaru

Kelebihan Android Nougat Beserta Kekurangan dan Perbandingan dengan OS Lain

0

Jakarta Jika Anda menggunakan smartphone Android keluaran tahun 2017, Anda pasti tak asing dengan Android Nougat. Android Nougat adalah varian Android yang rilis pada 2016 lalu, di mana smartphone Nexus dan LG V20 jadi deretan smartphone yang mengusungnya di awal.

Berbagai media teknologi menyebut bahwa kelebihan Android Nougat sebagai salah satu yang revolusioner di platform Android, serta jadi OS yang mendapat banyak review positif. Hal ini berujung pada ditasbihkannya Nougat sebagai OS Android yang paling banyak digunakan, dengan 30,8 persen pengguna Android menggunakan Nougat seperti yang dikutip dari laman resmi Android Developer Google.

Apa saja yang jadi kelebihan Android Nougat? Berikut ulasannya seperti yang dirangkum Liputan6.com pada Kamis (12/7/2018) dari berbagai sumber.

Kelebihan Android Nougat dan kekurangannya

Mari kita bahas beberapa kelebihan Android Nougat dan juga kekurangannya, sebagai bahan pertimbangan jika Anda ingin upgrade.

Kelebihan Android Nougat

1. Split Screen

Salah satu kelebihan Android Nougat adalah fitur Split Screen yang dapat membagi layar untuk dua aplikasi sekaligus. Fitur semacam ini terkenal terlebih dahulu di iPhone 6, namun di Android baru Android Nougat yang mengusungnya.

Dengan ini Anda bisa melakukan dua tugas sekaligus di satu layar dan memudahkan multitasking. Dengan fitur ini, Anda bisa menyetel Youtube sambil mencuit dan scroll timeline Twitter.

2. Data Saver

Data saver adalah fitur penghemat data yang jadi salah satu kelebihan Android Nougat. Fitur ini sebenarnya secara eksklusif merupakan milik Google Chrome. Namun di Nougat, fitur ini diperkenalkan untuk semua browser dan aplikasi online. Disebut, data Anda bisa hemat hingga 45 persen dengan cara pengompresan laman hingga kapasitas per kilobyte-nya sedikit.

3. Tampilan notifikasi baru

Aspek notifikasi merupakan kelebihan Android Nougat. Pasalnya setelah sebelumnya notifikasi Android selalu bertumpuk, di Nougat notifikasi akan dikelompokkan sesuai aplikasi: notifikasi Facebook akan bersama Facebook, notifikasi WhatsApp akan bersama WhatsApp, dan seterusnya.

Selain itu, notifikasi akan jadi lebih interaktif karena selain tampilannya lebih menarik, Anda bisa langsung membalas chat yang masuk dari notifikasi tanpa perlu membuka aplikasi.

4. Baterai lebih irit

Kelebihan Android Nougat yang lain adalah baterainya yang lebih irit dengan fitur Doze on the Go. Fitur ini bekerja dengan mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

5. Night Mode

Night Mode adalah perubahan warna layar menjadi lebih kuning dan mengurangi warna biru yang dapat mengganggu jam tidur.

6. Java 8 Language

Kelebihan Android Nougat yang satu ini adalah untuk mereka yang bergelut di bidang programmer. Pasalnya, Java 8 Language punya banyak fitur yang mempermudah para pegiat dan pengembang aplikasi.

7. Tampilan keyboard

Pada Android Nougat, keyboard default Google akan memiliki tampilan yang sedikit berbeda. Pasalnya keyboard baru ini akan jadi lebih sederhana serta lebih cerah, sehingga tampilan keseluruhannya jadi lebih menarik. Selaint itu, juga ada pilihan emoji yang punya bentuk dan jenis baru.

 

Kekurangan Android Nougat

1. Battery draining

Salah satu kekurangan di antara banyak kelebihan Android Nougat adalah baterainya yang gampang terkuras atau biasa disebut battery draining. Hal ini terjadi di Android Nougat versi 7.0, dan disebabkan oleh sistem kernel yang buruk, manajemen memori yang kurang efektif, serta aplikasi latar belakang yang kurang bisa ditangani dengan baik.

2. Backup data yang sulit

Hampir semua sistem operasi menemui kesulitan dalam backup data, bukan terkecuali Nougat. Ketika Anda melakukan upgrade atau factory reset, Anda seringkali harus download ulang puluhan aplikasi personal Anda karena backup data yang ribet.

3. Tak bisa downgrade

Jika Anda sudah upgrade ke Android Nougat dari Android generasi sebelumnya, mustahil untuk kembali atau downgrade. Jika Anda terlanjur upgrade dan tak suka dengan deretan fiturnya, tak ada cara resmi untuk kembali. Kecuali Anda ‘mengoprek’ dengan memasang sendiri Custom ROM dan sebagainya.

Kelebihan Android Nougat 7.1

Android Nougat 7.1 dirilis oleh Google hanya berselang beberapa bulan pasca Android 7.0 Nougat rilis. Nougat 7.1 tetap mendapatkan deretan fitur menarik Nougat namun juga ada tambahan seperti dukungan platform VR Google Daydream, tampilan, emoji dan yang lainnya. Mari kita bahas.

1. Fitur Quick Switch

Salah satu kelebihan Android Nougat 7.1 terbaru adalah fitur Quick Switch yang membuat Anda dapat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lainnya dengan lebih cepat tanpa lag.

2. Emoji lebih lengkap

Meski kelengkapan emoji sudah jadi kelebihan Android Nougat 7.0, di 7.1 emoji jadi lebih lengkap lagi. Terdapat hingga 1.500 emoji yang bisa Anda gunakan untuk chatting dan bermedia sosial yang lebih interaktif.

3. Baterai yang lebih awet

Di poin sebelumnya kami sudah menyebut bahwa salah satu kekurangan Android Nougat adalah soal battery draining yang membuat smartphone berbasis Nougat akan cepat kehabisan baterai. Di Android 7.1 Nougat bug yang membuat baterai cepat habis ini telah diperbaiki sehingga battery draining sudah bukan jadi masalah lagi.

 

Kelebihan Android Nougat 7.1.1

Sama seperti 7.1, Nougat 7.1.1 adalah versi Nougat yang rilis hanya beberapa bulan setelah Nougat original rilis dan memperbaiki beberapa bug serta mengefektifkan pasokan daya smartphone ke aplikasi yang berjalan. Berikut beberapa fitur andalan terbarunya.

1. Instant Apps

Aplikasi terbaru yang jadi kelebihan Android Nougat 7.1.1 adalah Instant Apps, yang membuat Anda tak perlu download untuk mencoba aplikasi baru.

2. Enkripsi yang lebih baik

Kelebihan Android Nougat 7.1.1 ada di aspek keamanan di mana sistem enkripsi kini bisa melindungi folder dan juga file secara terpisah.

3. Panic Mode

Panic Mode adalah fitur terbaru di Nougat 7.1.1 yang merupakan fitur keamanan. Fitur ini bekerja jika Anda menekan tombol back berkali-kali, Anda bisa menutup paksa aplikasi dan seluruh aplikasi di latar belakang. Ini adalah fitur yang berguna jika Anda terjebak di website mencurigakan yang dipenuhi iklan pop-up dan dicurigai penuh virus.

Kelebihan Android Nougat dibanding Marshmallow

Jika ingin membandingkan kelebihan Android Nougat dengan Marshmallow, rasanya hal ini sudah cukup jelas. Pasalnya, Nougat merupakan sistem operasi terbaru ketimbang Marshmallow, sehingga fitur utama Nougat jelas tak dimiliki oleh Marshmallow.

Seperti contohnya, Anda tidak bisa menemukan fitur Split Screen atau Multi Windows di Marshmallow. Marshmallow pun masih belum bisa melakukan direct reply chat langsung dari notifikasi, serta notifikasinya masih belum memiliki tampilan yang menarik. Pengelolaan tombol Quick Settings di Marshmallow juga tak sebaik Nougat, begitu pula dengan tampilannya.

Berita Selengkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.