Berita dan Tips Terbaru

Ibu Hamil Trimester Pertama, Sebaiknya Puasa atau Tidak?

0

Banyak Pengunjung Juga Membaca Artikel Ini

Liputan6.com, Jakarta Dilema kerap melanda ibu hamil di bulan Ramadan. Ada keinginan menjalankan ibadah puasa, tapi dia juga memikirkan kondisi janin dalam kandungannya. Sebaiknya seperti apa?

Kondisi setiap ibu hamil tentu berbeda-beda. Untuk bisa puasa atau tidak tergantung kondisi dari sang ibu, apakah memungkinkan atau tidak seperti disampaikan dokter DR dr H Taufik Jamaan dari RSIA Bunda Jakarta.

Saat kehamilan usia trimester pertama, hormon di dalam tubuh ibu belum stabil. Hal tersebut kerap disertai mual dan muntal. “Nah, kalau mual dan muntah itu kan tidak baik bila dalam kondisi puasa,” katanya.

Jangan lupa, cek juga kondisi tekanan darah ibu. Apakah rendah, normal, atau tinggi. Kemudian, cek kondisi ibu lainnya. Jika pusing dan lemas dianjurkan tidak berpuasa karena bisa berpengaruh pada kondisi ibu dan janin. 

“Tapi, kalau kondisi ibu hamil baik, boleh-boleh saja menjalankan puasa,” kata Taufik saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Kamis (17/5/2018).

Bagi ibu hamil yang menjalankan puasa, dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang pakar di bidang infertilitas ini mengingatkan agar ibu memastikan asupan kalori, nutrisi, dan cairan saat sahur dan buka. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Selamat carissa putri hamil anak kedua

Berita Selengkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.