Berita dan Tips Terbaru

Bahaya Bekas Sidik Jari di Smartphone dan Keyboard Komputer

0

Liputan6.com, Jakarta – Bekas sidik jari yang tertinggal di keyboard komputer ternyata bisa menjadi celah hacker untuk melancarkan serangan kepada korban

Menurut studi terbaru yang dilakukan sekelompok peneliti di University of California, bekas sidik jari di keyboard komputer bisa dilihat dengan bantuan lensa thermal. 

Diwartakan Mirror, Kamis (12/7/2018), bekas sidik jari bisa tampak secara jelas karena panas yang masih tersisa di keyboard.

Gene Tsudik, salah satu pimpinan peneliti tersebut mengatakan metode ini adalah modus baru yang bisa digunakan hacker untuk mengetahui password dari jarak jauh.

“Cara ini biasanya dilakukan di tempat-tempat umum, seperti restoran, perpustakaan, dan kafe. Mereka akan memanfaatkan kamera thermal dan mengintip keyboard korban. Jika kamu mengetik password di komputer di tengah banyak orang, sebaiknya hindari cara tersebut,” papar Tsudik.

Tsudik menyebut modus ini dengan julukan “Thermanator”, di mana juga bisa dimanfaatkan hacker untuk mengintip kode pin di tombol mesin ATM atau juga tombol keyboard smartphone.

Berita Selengkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.