Berita dan Tips Terbaru

5 Teknologi Canggih NASA yang Bisa Bantu Manusia Hidup di Mars

0

Mars adalah planet yang cukup jauh dari Bumi. Dalam jarak terdekatnya pun jaraknya masih 54.5 Juta kilometer. Tentu koneksi internet akan sangat parah di sana.

Laporan terbaru NASA terkait koneksi internet adalah tentang Mars rovers yang mengirimkan data dengan koneksi sebesar 2MB per detik.

Sementara, di International Space Station, koneksi datanya sebesar 300MB per detik. Tentu untuk mendarat dan melakukan navigasi di Mars, koneksi internet harus lebih cepat. NASA butuh sekitar 1GB per detik.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan laser. Teknologi ini pun sudah melalui tahap uji coba sejak 2013 lalu.

Ketika itu, berbagai robot eksplorasi yang berada di Bulan dilaporkan mampu mengirim data dengan kecepatan 622MB per detik. Pengembangan masih akan dilakukan untuk mencapai angka 1GB per detik.

Namun pengembangan teknologi ini memakan dana yang besar dan waktu pengerjaan yang cukup lama. Kondisi Mars sama sekali tidak seperti Bumi dan belum didukung fasilitas mumpuni.

Beberapa ahli astronomi bahkan ragu-ragu NASA bisa melakukan ini dalam waktu dekat. Tentu biaya yang banyak sudah dialokasikan di hal lain, dan internet adalah prioritas kesekian.

Reporter: Indra Cahya

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Pesawat luar angkasa SOYUZ MS-07 diluncurkan ke luar angkasa, untuk memberangkatkan tiga orang astronot ke Stasiun Luar Angkasa.

Berita Selengkapnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.